4 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja Dengan HRD

4 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja Dengan HRD

4 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja Dengan HRD

4 Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja Dengan HRD

Wawancara kerja memang selalu jadi momen yang bikin deg-degan ya. Berbagai pertanyaan akan diajukan HRD atau bagian sumber daya manusia (SDM) perusahaan.Klik di sini

Kamu akan dihadapkan dengan segudang pertanyaan yang kadang bikin gelagapan. Pertanyaan itu biasanya diberikan HRD untuk menilai apakah kamu layak dipekerjakan di perusahaan mereka atau tidak.

Meski setiap perusahaan memiliki kriteria masing-masing dalam menilai calon pekerja. Namun terkadang pertanyaan mereka tidak jauh berbeda kok!

Nah kali ini kami akan kasih kamu tips jawab pertanyaan dari HRD saat wawancara kerja. Simak ulasannya yu!

1 Ceritakan Tentang Diri Kamu

Nah biasanya pertanyaan awal dari HRD adalah mengenai diri kamu, kayak apa sih kamu itu? Saat mendapatkan pertanyaan ini kamu jangan sampai fokus bercerita tentang hobi kamu, cita-cita, atau masa kecil kamu.

Tetapi bercerita lah tentang diri kamu, sifat kamu, background hidup kamu yang dapat berguna dalam pekerjaan dan perusahaan.

2 Kenapa Kamu Keluar Dari Perusahaan Sebelumnya?

Jika kamu bukan fresh graduate atau memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu pasti ketemu saat pertanyaan ini deh.

Nah saat kamu menjawab pertanyaan jangan sampai bilang karena konflik, atau karena bos dulu kurang bijaksana. Apalagi kamu gak nyaman sama rekan kerjamu.

Menjelekan perusahaan lama adalah hal yang gak boleh kamu lakukan pokoknya. Pastikan kamu menyusun kata-kata dengan baik ya!

3 Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?

Di sini saat kamu nyeritain kelebihan kamu, gak usah setengah-setengah. Apa yang kamu bisa dan telah kamu capai ungkapkan saja. Jangan takut terlihat caper atau sombong ya. Disini sifat percaya dirimu dinilai banget lho.

Lalu saat menceritakan kekurangan, jangan pernah bilang kalo kamu pemalas, atau tidak suka melakukan hal yang berat atau hal lainnya yang bener-bener merupakan kekurangan kamu. Merendahlah untuk meninggi misalnya kamu takut banget sama kecoak makanya kamu dirumah rajin bersih-bersih dan gak suka kalo lingkungan kotor.

4 Kenapa Kami Harus Memilih Kamu?

Pertanyaan ini biasanya yang bikin kita mati gaya, dan bingung mau jawab apa. Saat mendapatkan pertanyaan ini, kamu harus meyakinkan HRD kalo kamu layak untuk bekerja di perusahaan mereka. Kamu harus menjawab dengan jelas tegas dan percaya diri.

Misalnya seperti ini: Saya punya semangat yang tinggi untuk bekerja, mau belajar dan jujur. Meskipun belum memiliki banyak pengalaman dalam bekerja, tapi saya yakin saya dapat berkembang dan bekerja dengan baik di perusahaan bapak atau ibu.

Nah itu dia pertanyaan saat wawancara kerja. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!